Tuesday, October 25, 2016

7 Tips Jitu Agar Hasil Belajar Anda Maksimal

7 Tips Jitu Agar Hasil Belajar Anda Maksimal
7 Tips Jitu Agar Hasil Belajar Anda Maksimal

7 Tips Jitu Agar Hasil Belajar Anda Maksimal. Belajar adalah kewajiban bagi setiap pelajar. Kamu akan mendapat banyak pengetahuan dari banyak belajar. Nah bagaimana jika kamu sudah banyak belajar namun hasil belajar tidak maksimal? Kamu perlu meningkatkan fokus kamu agar hasil belajar kamu jadi maksimal.

Untuk meningkatkan hasil belajar kamu perlu untuk berusaha. 10 Tips Jitu Agar Hasil Belajar Anda Maksimal :

1. Atur tujuan belajar

Ada banyak penelitian yang kredibel yang menunjukkan bahwa penetapan tujuan dapat digunakan sebagai bagian dari strategi untuk membantu orang berhasil mempengaruhi perubahan positif dalam hidup mereka, jadi kamu harus menentukan tujuan untuk apa kamu melakukan sesuatu.

Baca juga : Tips membuang kebiasaan menunda

2. Membuat Rencana Belajar

Waktu itu berharga. Tidak ada yang lebih menyadari hal ini, jangan hanya belajar jika besok ada ujian. Itu sesuatu yang bisa dibilang terlambat. Kamu akan susah untuk mengerti, karena dikerjar oleh waktu. Buatlah rencana belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. Seperti pepatah lama, gagal untuk mempersiapkan maka siap untuk gagal.

Baca juga : Kapan waktu terbaik untuk belajar

3. Istirahatkan pikiran

Tak satu pun dari kita yang super, sangat penting untuk mempertahankan tingkat optimal konsentrasi pikiran kita. Istirahatkanlah pikiranmu, kamu dapat berjalan-jalan untuk melihat pemandangan, pergi ke gym, chat dengan teman atau hanya sekedar minum kopi. Jika terasa seperti tidak penting, maka yakinlah bahwa mengiistirahatkan otak sangat penting untuk mempertahankan tingkat ke optimalan konsentrasi.  Mengambil istirahat singkat teratur tidak hanya membantu meningkatkan fokus Anda, hal ini dapat meningkatkan produktivitas kamu juga.

4. Mempelajari teknologi baru

Belajar tidak lagi berarti menuliskan segalanya dengan pena pada secarik kertas. Metode tulisan tangan tentu saja masih digunakan, hanya saja sekarang ada lebih banyak pilihan untuk personalisasi studi yang sebelumnya. Apakah itu melalui alat online, media sosial, blog, video atau aplikasi mobile. Belajar menjadi mudah dengan memanfaatkan teknologi-teknologi ini. Jika Anda ingin mencoba teknologi pembelajaran baru.

5. Ujilah diri kamu

Ujian adalah hal yang menentukan sejauh mana hasil belajar anda yang kamu kuasai. Namun saat ujian banyak sekali faktor membuat kamu menjadi lupa beberapa hal yang telah kamu pelajari. Solusinya adalah dengan mempersiapkan mental untuk menghadapi kesulitan ujian tersebut. Fakta, nama, rumus dan sebagainya. Ujilah pengetahuan kamu dengan kuis, ini adalah cara yang bagus agar hasil belajar anda maksimal. Dan jangan khawatir jika kamu tidak mendapat hasil yang bagus diawal, kamu akan bagus jika banyak berlatih.

6. Berfikir  positif

Jika kamu terus mengatakan bahwa kamu tidak bisa melakukannya dan tidak ingin untuk mengerti ide pembelajaran, mencoba untuk belajar hanya akan menjadi lebih sulit. Sebaliknya, fokuskan pikiran kamu pada hasil yang positif dan tentang bagaimana kamu dapat menggunakan kekuatan individu kamu sendiri untuk mencapainya. Ketika kamu berpikir positif, pusat reward di otak kamu menunjukkan aktivitas yang lebih besar, sehingga membuat kamu terbuka untuk ide-ide baru dan meningkatkan kreatifitas kamu.

7. Belajar secara rutin

Ulanglah kembali pelajaran yang kamu pelajari. Kamu akan dengan mudah mendapat hasil belajar yang maksimal jika kamu belajar dengan rutin untuk mengingat kembali pelajaran yang telah kamu pelajari. Dengan ini kamu akan mudah menguasai suatu materi.

Itulah 7 Tips Jitu Agar Hasil Belajar Anda Maksimal. Bagaimanapun hasil belajar kamu ditentukan oleh seberapa seringnya kamu untuk mengulang kembali tentang apa yang sudah kamu pelajari. Semakin sering kamu mengulang dan belajar sesuatu yang baru, maka semakin cepat dan maksimal hasil belajar yang kamu peroleh.

Baca juga : Jadilah pribadi yang kreatif

No comments:

Post a Comment

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare ya.. Mohon berkomentar yang baik :)