Wednesday, March 7, 2018

Flashback Kenangan Tahap 2 USM STAN

STAN
Stadion Bea Cukai Rawamangun


Yupss, perjuanganku belum selesai. Masih ada tes tahap kedua!! Perjuangan keduaaa adalah melewati tes tahap kedua dari usm pkn stan. 

Gak lama setelah aku lulus tahap 1 sekitar seminggu kemudian aku harus menjalani tes tahap kedua. Bagi kamu yang belum tau, tes tahap kedua itu merupakan tes kebugaran dan kesehatan. Apa saja yang dites dalam tes tersebut? Bagaimana caraku untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi tes tersebut?

Nah aku mau sharing nih mengenai tes tahap kedua itu. 

Nah, tes tahap 2 ada cek kesehatan.. jadi kesehatan kamu di cek dari kesehatan mata, gigi, tensi darah dan sebagainya. 

Sebenarnya aku sedikit tenang dan cenderung meremehkan tes tahap kedua ini. Mengapa? Sebab kalau masalah fisik pikirku aku lumayan pede, karena aku sering olahraga baik itu lari, jogging, futsal, bahkan aku ikut bela diri taekwondo dan sering mengikuti berbagai kejuaraan. Jadi untuk fisik aku cenderung meremehkan. (ini adalah kesalahan terbesarku karena dihari ujian fisikku sangat lemah(scroll terus kalau mau tau). 

Terlepas masalah kebugaran fisik, aku sangat pesimis dengan kesehatan dan kerapihan gigiku. Bagi kalian yang mempunyai gigi ompong, dan banyak bolongnya mungkin kalian bertanya-tanya apakah kalian bisa lolos sebab mempunyai gigi yang berantakan wkwk. sama sih, aku dulu juga nyari info itu, karena kalau giginya ancur maka stan akan menolakku begitu saja pikirku. apalagi gigiku banyak yang bolong, sering sakit gigi jadinya maklum aku baru sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi. Jadi kalau gigi kalian masih bagus jaga terus. Nah tebak aku bisa lolos gak nih?

Oke lanjutttt, dannn hari ujian pun tibaaaa. Saat itu hanya ditentukan hari ujiannya saja, jadi bebas kita mau datang jam berapa saja asal tidak datang sore. Aku datang sekitar pukul 8, dan aku baru tau kalau aku merupakan peserta yang datang diakhir akhir sesi, oleh karena itu aku mendapat giliran tes larinya siang bolong sekitar jam 2 siang.

Ujianku di rawamangun, aku datang pukul 8. Setelah sampai aku ambil nomor antrian, setelah antri aku di antarkan ke ruang pemeriksaan kesehatan. Sudah banyak sekali para peserta yang mengantri di situ. Sangat lama aku menunggu. Antrian pertama yaitu mengukur berat badan dan tinggi badan. Setelah itu, antri lagi untuk diperiksa tensi darah dan kesehatan mata, setelah itu harus menunggu antrian lagi untuk periksa ambeien dan kesehatan gigi. Sangat lama sekali, aku baru selesai semua itu sekitar jam 12 siang.

Setelah pemeriksaan kesehatan, para peserta diantar ke aula. Disana kami istirahat, solat dan makan untuk mengisi tenaga kami lagi, sebab kami akan berjuang lari di lapangan rawamangun di siang bolong :') Sungguh panas sekali.

Kembali keceritaku tadi yang aku bilang meremehkan kebugaran fisik dan aku saat ujian aku menyesal sekali. Aku memang sering olahraga namun itu hanya saat kelas 11, semenjak kelas 12 aku sudah sangat jarang olahraga. Karena aku malas. Namun aku malah meremehkan tes kebugaran ini, padahal kebugaran fisikku sangat jauh menurun. Saat pertama kali datang ke tempat ujian saja mentalku sudah down, mengapa? karena banyak sekali sainganku yang fisiknya bugar dan terlihat kuat. aku sangat menyesal tidak berlatih dengan serius.

Singkat cerita nihhh, aku udah dilapangan dan siap berlari. Waktu lari 12 menit dan aku harus sekuat tenaga untuk tidak berjalan apalagi berhenti karena akan mendapat minus dari penguji. Dannn.. aku mulai berlari, untuk 3 putaran awal aku masih seimbang dengan pelari yang ada di posisi 1. Namun, saat itu kecepatanku menurun karena aku sangat kelelahan. Dengan kondisi fisik yang menurun, lapangan yang tandus, dan banyak sekali debu serta panas matahari yang terik sungguh sangat berat rasanya langkah kaki ini, dadaku sesak serasa meledak ledak dan nafasku tidak teratur akibat debu. Sungguh sangat berat sekali.. Namun dengan modal semangat dan ingin buat bangga orang tua, ada kekuatan datang untuk terus melangkahkan kaki ini. Singkatnya, aku hampir berhasil dapat 6 putaran dan ada di posisi kedua dari 20 peserta di kloterku.

Setelah lari 12 menit, kami diarahkan ke lapangan sebelah untuk langsung lari shuttle run. Kami diberi istirahat sekitar 1 menit sambil mendengarkan instruksi dari penguji. Lalu shuttle run dimulai, lari membentuk angka 8 dengan waktu 1 menit.  

Selesai deh, sungguh kakiku terasa melayang. Inilah akibatnya jika memaksakan diri, tapi gapapa demi masa depan aku kerahkan semua tenagaku. Setelah itu, perutku sangat lapar, tenggorokkanku kering dan haus, serta kepalaku terasa pusing wkwk akibat kurang olahragaa.

Dan hari ujian berlalu, nahhh tibalah hari saat pengumuman.... Aku sangat degdegan dan tidak sabar untuk melihat hasilnya. Apakah aku lulus dg gigi yang ompong? Saat itu gigi ku ompong 2 dan bolong 2 haha parah banget padahal masih mudah udh kayak kakek kakek.

Dan alhamdulillah aku diberi keberuntungan, aku lolos tahap 2 itu. Sungguh keberuntungan dan aku sangat bersyukur.

Jadi saranku kalian harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tes tersebut dengan serius yaa... jangan kayak aku wkwk jadinya kayak orang mau mati pass ujian sangking capeknya. 
sering berlatih, lari 12 menit dan shuttle run. Latihan atur nafas saat berlari dan menjaga ritme saat berlari sangat penting, karena kita akan lebih tidak mudah lelah. Jangan pernah sprint saat awal lari, karena akan capek ditengah waktu. Lebih baik kalian lari dengan ritme yang teratur dari awal sampai akhir dan itu kubuktikan berhasil. karena kesalahan peserta lain mereka sangat bersemangat sekali, padahal baru mulai, ya jadinya capek ditengah waktu deh.. Oiya terus jaga kesehatan gigi ya, pentinggg..

Dan jangan lupa berdoa dan minta restu orang tuaaa, ini aspek terpenting dalam setiap keberuntunganku.. Semangattttt...

Nanti ya tahap 3nyaaa...

45 comments:

  1. Kak itu gigi nya udah ada yg hilang 2 begitu maksud kakak? Sama yg bolong 2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa udah dicabut 2 sama bolong 2 hehehe

      Delete
    2. Ka itu yg dicabut bagian mana ya?

      Delete
    3. Klo untuk gigi katanya minimal giginya 28 itu kaka ada nyampe gk? Soal nya aku jg ompong trs gk nyampe 28 giginya

      Delete
  2. Aku juga takut kak gigiku ada yg ompong 2 sama bolong 2. Please infonya kak

    ReplyDelete
  3. Kak kalo kakinya varises masih ada harapan gak

    ReplyDelete
  4. Varises bisa disembuhkan setau saya hehe, disuntik gt

    ReplyDelete
  5. Solusi gigi bolong,gmn kak... Dicabut,

    ReplyDelete
  6. kak gigiku sehat cuma dari lahir jarang didepan itu apa tidak masalah

    ReplyDelete
  7. Kak, ompong 2 itu gigi sebelah mana?
    Depan kah?

    ReplyDelete
  8. Kalau gigi gak rapi masih ada peluang lolos kan ?

    ReplyDelete
  9. Kak kalau misal gigi depan ompong terus dipasang gigi palsu apa bisa masuk

    ReplyDelete
  10. Kak dikaki ku banyak bekas luka udah berobat tapi katanya itu gen dari kekuarga. Apa bisa masuk?

    ReplyDelete
  11. Ka kalo gigi nya patah di bagian depan apa bisa lolos?

    ReplyDelete
  12. Ka untuk mata minus masih ada kesempatan?

    ReplyDelete
  13. Kak kalo bolong gede udah parah gitu masih bisa kak?

    ReplyDelete
  14. Kalau gigi berkarang apa masih ada kesempatan kak?

    ReplyDelete
  15. Kak mohon izin bertanya , gigi saya yang bagian bawah 2 depannya tidak rapi bagaimana menurut kakak? Apakah bisa lolos tes kesehatan STAN?

    ReplyDelete
  16. Kak kira² untuk gigi yang tidak rapi sama bolong 2 bisa masuk ga?

    ReplyDelete
  17. Ijin bertanya,gigi yang ompong di geraham belakang itu solusinya di pasang gigi palsu apa di biarin aja ompong supaya lolos STAN?mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pemeriksaan gigi tidak terlalu ketat, masih bisa ditolerir.. Sy ompong 2 :D

      Delete
  18. Kak kalo gigi ra rapih, bolong 2 sama kotor dia bagian depan gimana? Auto gugur tes atau cuman dikurangi nilainya aja? Please jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pemeriksaan gigi tidak terlalu ketat, masih bisa ditolerir

      Delete
  19. Kak, geraham bolong 2, trs gigi depan ku hitam, kalo aku bersihin gigi depanku trs di tambal masih bisa lolos tesnya kan?

    ReplyDelete
  20. Kak apakah gigi bolong,kurang rapi dan kurang bersih masih bisa lolos?

    ReplyDelete
  21. Kak apakah lulusan SMK jurusan otomotif bisa masuk stan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kak, semua jurusan bisa masuk stan jika lolos tesnya

      Delete
  22. Kak untuk cek gigi nya itu sekedar disuruh buka mulut lalu dilihat atau bagaimana kak?

    ReplyDelete
  23. Informasi nya sangat bermanfaat sekali terimakasih kak :). Yang tadinya saya down gara" mikirin gigi yang banyak bolongnya. Saya jadi optimis setelah mendengar cerita kakak. Semoga saja untuk tahun kedepannya masalah gigi masih bisa di tolerin

    ReplyDelete
  24. kak kalo giginya berlubang 4 berjejer didepan gimana kak, apa bisa lolos stan?
    tetimakasih

    ReplyDelete
  25. Ka kalo pemeriksaan giginya itu gimana? Dicek satu" gigi atau gimana?

    ReplyDelete
  26. Terima kasih kak. Infonya sangat bermanfaat. Maaf,ijin bertanya kalau gigi ompong 2 berurutan, dan gigi jarang2 lolos boleh tidak ya? Soalnya saya dari kecil giginya jarang

    ReplyDelete
  27. Kak kalau misalnya gigi bolong nya itu di tambal apakah akan tetep di anggap bolong atau tidak?

    ReplyDelete

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare ya.. Mohon berkomentar yang baik :)