Wednesday, January 11, 2017

Dampak Negatif Jarang Mandi

Jarang mandi, kesehatan, informasi, dampak negatif jarang mandi
Dampak Negatif Jarang Mandi


Dampak Negatif Jarang Mandi. Mandi adalah kegiatan membersihkan tubuh dan anggota tubuh lainnya agar bersih dari setiap kotoran, virus atau bakteri. Badan akan terasa wangi setelah mandi, oleh karena itu mandi sangatlah penting untuk menghilangkan bau badan. Setiap orang membutuhkan mandi, namun banyak orang yang susah sekali untuk mandi.

Mengapa tubuh perlu mandi? Tentu untuk membersihkan tubuh kita, dan menghilangkan bau badan kita.

Manusia memiliki lebih dari 3 juta kelenjar keringat yang bisa ditemukan di dermis dan permukaan kulit. Saat melakukan aktivitas fisik, kelenjar tersebut akan mengeluarkan keringat kurang lebih 2 liter setiap harinya. Pengeluaran keringat tersebut tentunya disertai dengan keluarnya kotoran dari dalam tubuh. Dan jika itu dibiarkan, maka akan berakibat munculnya bau badan yang akan sangat menganggu. Untuk itu kita memerlukan mandi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel ditubuh kita.

Bagi sebagian orang, mandi merupakan sebuah beban. Mereka biasanya memiliki alasan kenapa jarang melakukan kegiatan tersebut, seperti karena sedang terburu-buru, karena sedang sakit atau alasan karena hawa dingin. Hal ini karena mereka kurang menyadari akibat jarang mandi ini, akan muncul berbagai masalah, seperti :

1. Bau Badan

Ini dampak yang terjadi apabila kamu jarang mandi. Badan akan mengeluarkan bau tidak sedap. Mungkin kamu tidak merasa ini, tapi lihatlah orang disekitarmu yang mencium bau badanmu.

Ini terjadi akibat kelenjar keringan mengeluarkan keringat setiap kamu beraktifitas, olehkarena itu kamu perlu untuk membersihkan badanmu untuk menghilangkan bau tak sedapmu.

2. Gatal-gatal

Selain bau tak sedap, kamu juga akan merasa gatal-gatal akibat bakteri yang menempel pada keringat yang melekat pada tubuhmu. Kuman dan bakteri dapat berkembang biak ditempat lembap dan menyebabkan gatal-gatal.

Jika ini dibiarkan, akan mengakibatkan gangguan kulit. Banyak orang yang menganggap masalah ini sepele. Namun apabila dibiarkan akan terjadi gangguan kulit yang serius.

3. Gangguan Eksema

Peradangan yang terjadi akibat kulit kering dan gatal. Ciri penyakit ini adalah munculnya lepuhan atau gelembung kecil pada kulit yang jika pecah akan mengeluarkan cairan. Gangguan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti debu, keringat, pasir, dan berbagai bakteri lainnya.

Orang yang tidak mandi, akan memungkinkan terserang rasa gatal karena banyaknya kotoran yang melekat di tubuh. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan resiko seseorang terkena infeksi eksema maupun infeksi kulit lainnya.

4. Gangguan susah tidur

Akibat kamu bau badan, gatal - gatal segala, kamu akan meerasakan gangguan tidur. Karena tubuh akan terasa tidak nyaman. Hal ini akan menyebabkan kamu susah untuk tidur dan menggangu aktifitas kamu keesokan harinya.

5. Stress dan depresi

Akibat jarang mandi juga bisa memicu timbulnya stress. Stres dan depresi disebabkan karena menegangnya otot dan saraf dalam tubuh akibat kelelahan melakukan berbagai macam aktivitas. Untuk itu, segeralah untuk membersihkan badan dengan mandi, karena dengan mandi akan menimbulkan relaksasi pada otot-otot dan saraf pada tubuh, sehingga kita terhindar dari stress dan kecemasan.

6. Tubuh menjadi lemas, tak bergairah

Keringat dan debu yang bercampur usai  beraktifitas mengakibatkan tubuh terasa lengket dan banyak ion negatif yang masuk dalam tubuh. Tentu saja hal itu akan menghilangkan gairah kita untuk melakukan aktivitas lainnya. Mandi menggunakan air dingin bisa mengeluarkan ion-ion negatif dalam tubuh, sehingga tubuh terasa lebih segar dan sehat.

Mandilah sehari dua kali. Tubuhmu akan terasa bugar dengan wajah yang segar. Badanpun menjadi wangi, dan tubuh terasa nyaman. Apalagi yang kamu tunggu? Cepat mandi!! Eit... Tapi jangan mandi malam yaa guys, karena banyak efek negatifnya. Mandilah pada pagi dan sore.

Dampak Negatif Jarang Mandi. Soo, jika artikel ini bermanfaat. Silahkan di share dan di subscribe untuk mengikuti update menarik lainnya.

No comments:

Post a Comment

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare ya.. Mohon berkomentar yang baik :)