Saturday, October 29, 2016

Tips Membuang Kebiasaan Menunda Waktu

Tips Membuang Kebiasaan Menunda Waktu
Tips Membuang Kebiasaan Menunda Waktu

Tips menghentikan kebiasaan membuang waktu. Waktu sangatlah berharga. Malah ada istilah “Time Is Money”, ya waktu adalah uang. Kamu tidak boleh membuang waktumu dengan sia – sia. Manfaatkanlah waktumu dengan mengerjakan sesuatu yang lebih produktif. Gunakan waktumu seefisien mungkin.
Contohnya seperti kegiatan menunda-nunda pekerjaan. Hal ini sangatlah membuang waktu dengan sia-sia. Lakukan pekerjaanmu dengan segera mungkin. Banyak faktor yang menyebabkanmu ingin menunda pekerjaan, seperti malas, atau tidak mood. Hilangkanlah perasaan itu agar waktumu tidak terbuang dengan percuma.
Berikut hal yang membuatmu ingin menunda pekerjaan :
  1. Takut memulai atau melakukan kesalahan sehingga takut gagal, dimarahi jika melakukan kesalahan
  2. Belum mengerti proses atau belum mengetahui caranya
  3. Tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri
  4. Tidak menyukai pekerjaan atau kegiatan tersebut
  5. Tidak merasa harus atau suatu keharusan
  6. Tidak ada reward yang jelas
  7. Ada kegiatan lain yang menarik (misalnya games, sinetron, dll)
Dan masih banyak lagi hal yang membuatmu ingin menunda pekerjaanmu. Untuk menghilangkan rasa malas dan menunda-nunda kamu harus mencari tahu penyebabnya. Berikutlah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan :

1.  Cari tahu penyebabnya

Dengan mengetahui penyebab anda untuk menunda pekerjaanmu, kamu jadi tahu masalahnya. Dan kamu akan mengatasi kebiasaan ini dengan mudah. Bayangkan jika anda menunda nunda banyak waktu dan pekerjaan maka setelah semua pekerjaan anda menumpuk dan harus anda selesaikan, maka anda sendiri yang akan kewalahan dengan hal tersebut.

2. Tetapkan batas waktu atau deadline

Kamu harus menentukan batas waktu atau deadline atas pekerjaan tersebut. Dengan menetapkan jangka waktu atas pekerjaan tersebut, maka kamu akan bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebt sebelum batas waktunya berakhir. Hal ini akan mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan anda.

3.  Buat jadwal

Buatlah jadwal dengan jelas, agar pekerjaanmu menjadi lebih tersusun dengan jelas dan tidak membuat sistem kerjamu menjadi berantakan.

5. Minta bantuan sebagai pengingat

Mintalah bantuan orang orang terdekat anda seperti keluarga, istri, teman atau siapa saja untuk mengingatkan anda ketika anda lupa atau menunda nunda waktu atau pekerjaan yang menjadi tanggung jawab anda.

6.  Buang Mindset anda yang keliru

Seseorang akan menjadi terbiasa untuk menunda nunda waktu atau pekerjaan jika mereka menggunakan mindset yang salah di pikirannya, sebagai contoh berikut ini:

“Nanti saja saya kerjakan” dan “Jika saya kerjakan dan ternyata salah, nanti saya juga yang kena sangsi’’, “Biarin aja biar semua lengkap dulu nanti saya kerjakan.”, “ Bentar lagi deh....ngopi dulu”., “Masih banyak waktu” , dll.

7. Lakukan dengan segera

Apapun yang menjadi tanggung jawab anda, maka lakukanlah dengan segera. Lakukanlah pekerjaan itu dengan segera agar cepat terselesaikan. Jangan ditunda, karena akan membuat pekerjaanmu menumpuk, dan dapat membuat streess jika dipikirkan saja. Lakukanlah segera.

8. Buang ketakutan, kekhawatiran dan rasa was was

Rasa ketakuta, malas, dan khawatir akan sesuatu akan menunda anda untuk melakukanya. Buanglah perasaan seperti itu. Kalau anda menunggu sampai mood anda muncul, mungkin akan memakan waktu yang lama. Lakukalah segera dan hilangkan perasaan itu.

8. Memotivasi diri sendiri

Motivasi adalah pendorong semangat kita untuk mengerjakan sesuatu. Buatlah motivasi untuk diri anda sendiri, agar anda bersemangat dan mengerjakan tugas anda dengan segera.

Itulah Tips Membuang Kebiasaan Menunda Waktu. Lakukanlah pekerjaan anda jika memang bisa anda selesaikan secepatnya. 

Baca juga : Cara mendapatkan ide kreatif
Baca juga : Waktu terbaik untuk belajar

No comments:

Post a Comment

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare ya.. Mohon berkomentar yang baik :)