Wednesday, January 11, 2017

Rahasia Bisnis Pengusaha Tionghoa Selalu Suksess!!

Pengusaha Tionghoa, Bisnis, sukses, rahasia sukses
Rahasia Bisnis Pengusaha Tionghoa Selalu Suksess!!


Penasaran ga sih? Kenapa di Indonesia banyak banget para pengusaha tionghoa yang meraih kesuksesan disana sini? Kenapa orang Indonesia malah menjadi konsumen dari produk yang ditawarkan orang luar padahal ini dinegaranya sendiri.

Entah kenapa banyak bidang perekonomian di Indonesia yang dikuasai oleh orang cina. Kenapa bisa begitu? Itu karena sistem perekonomian dan tata kelola yang dijalankan orang tionghoa ini berjalan terstruktur rapih dan banyak pertimbangan.

Ada banyak nilai di sini yang bisa kita pelajari dalam sistem atau tata kelola bisnis yang dijalankan oleh pengusaha Tionghoa. Apa saja sebenarnya yang menjadi kunci sukses dalam menjalankan bisnis dari orang Tionghoa tersebut, perhatikan rahasianya di bawah ini.

1. Pembelajaran Bisnis Sejak Dini

Keluarga Tionghoa sudah mengajarkan pembelajaran tentag bisnis kepada para generasi penerusnya. Dengan harapan para generasi ini dapat membuat tata kelola perekonomian mereka menjadi lebih baik.

Sangat lumrah banyak keluarga Tinghoa mempunyai bisnis. Dan ketika menjalankan bisnis, para orang tua mengajarkan bisnis sejak dini kepada anaknya. Contohnya, banyak anak dari orang tionghoa yang mengurus usaha orang tuanya seperti menjadi pelayan ataupun kasir.

Nah, pembelajaran bisnis seperti ini ternyata sangat efektif dan efisien dalam kultur pengusaha Tionghoa. Sangat bermanfaat bagi anak, nantinya ketika mereka dewasa, mereka sudah sangat memahami seluk beluk bisnis yang dikelola ayahnya. Sehingga ketika dilepaskan pun, mereka tidak kaget lagi.

2. Manajemen Keuangan yang Baik

Managemen Keuangan sangat penting untuk melakukan pembukuan keuangan terhadap bisnis kita. Hal ini jarang dilakukan oleh pembisnis kita. Namun, hal ini sangat diperhatikan oleh orang Tionghoa. Mereka membuat pembukuan dengan serapi dan sedetail mungkin. Agar tidak ada kekeliruan.

Mereka mengerti betapa pentingnya itu, dan membuat managemen keuangan yang baik. Sehingga setiap keuangan dapat dikelola dengan baik dan rapi. Mereka mempelajari hal ini sejak dini. Sehingga bisnis dan usaha mereka akan membesar suatu saan nanti dengan managemen keuangan yang baik.

3. Sistem Administrasi yang Rapi

Hampir kita tidak pernah menemui sebuah toko yang dikelola orang Tionghoa kehabisan stok barang. Ini bukti nyata bahwa mereka benar-benar menjaga peluang yang ada, mereka tidak mau peluang meskipun sangat kecil sampai terlepas dari genggaman.

Selain itu, hal ini juga menunjukkan betapa rapinya administrasi yang mereka jalankan. Mereka tahu jika sampai sekali saja tidak bisa melayani pelanggan, maka kredibilitas toko akan menurun di mata pelanggan. Sistem administrasi yang sangat tertata dengan baik bisa menjadi rahasia sukses mereka dalam menjalankan sebuah usaha.

4. Meminimalisir Biaya Hidup

Kebiasaan yang selalu dilakukan oleh pengusaha Tionghoa ketika mereka menjalankan usaha adalah dengan meminimalisir biaya hidup seminim mungkin. Sebelum mereka benar-benar kaya, mereka akan selalu bertindak dengan hati-hati. Bahkan mereka mampu menekan biaya hidup dengan hanya menggunakan 20% dari penghasilan yang mereka dapatkan.

Mereka tidak akan pernah bersenang-senang sebelum posisi usahanya benar-benar aman. Jadi ketika mereka mendapatkan penghasilan 100 juta maka untuk biaya hidup mereka menggunakan yang 20 juta.

5. Berani Mengambil Resiko

Faktor ini juga sangat berpengaruh dalam setiap langkah bisnis yang diambil oleh pengusaha Tionghoa. Mereka memiliki keberanian yang sangat tinggi dalam mengambil sebuah resiko. Namun demikian, tentu setiap keputusan sudah dipikir dengan baik, dengan analisa yang kuat dari pengalaman.

Mereka tidak hanya sekedar berani tanpa memikirkan akibat kedepannya. Setiap resiko sudah dipikirkannya. Mereka berani bertindak dengan mengetahui resiko yang besar sedang menantinya.

Maka dari itu, spekulasi mereka dalam berbagai bisnis sangat bagus. Intuisi yang kuat ini menunjukkan bahwa mereka memiliki jam terbang yang sangat tinggi dalam membaca peluang. Pengalaman jatuh bangun dalam dunia bisnis yang mereka geluti semakin mengasah kemampuan mereka dalam menganalisa sebuah peluang.

6. Belajar Kepada Siapapun

Tionghoa selalu ingin belajar. Mereka kreatif dan cerdas. Namun mereka haus ilmu, dan ingin belajar. Mereka belajar dari siapapun yang bisa memberikan manfaat dan pengetahuan bagus untuk mereka. Daya belajarnya sangat cepat, mereka cepat memahami sesuatu.

Mereka akan selalu belajar kepada siapapun. Mereka tidak pernah malu atau segan untuk bertanya pada siapapun yang dianggap bisa memberikan informasi terkait bisnis yang akan mereka jalankan. Daya belajar yang sangat tinggi ini membuat mereka cepat mengetahui informasi penting terkait usahanya. Sehingga membuat usaha yang mereka kelola cepat berkembang dan menjadi besar.

7. Etos Kerja yang Sangat Baik

Keluarga Tionghoa mempunyai etos kerja yang sangat baik. Memang tidak bisa diragukan lagi memang mereka sangat baik dalam menjalani sebuah bisnis.

Mereka menjalani setiap bisnisnya dengan penuh semangat, kerja keras, serta mereka juga mempunyai integritas yang tinggi. Berbisnis sudah melekat pada diri mereka sejak dini, sehingga mereka menikmati segala prosesnya. Dan akan membuat bisnisnya terus membesar dan maju.

Hal ini perlu ditiru oleh masyarakat Indonesia. Sebenarnya kita tidak kalah oleh keluarga Tionghoa. Kita hanya perlu mengubah cara pandang kita yang konsumtif menjadi produktif. Yaitu dari kita yang selalu "Memakai" produk mereka menjadi kita yang "Menciptakan" produk yang bermanfaat untuk mereka.

Ya tidak mudah memang, tapi kita pasti bisa. Karena ini negara kita, kita tidak boleh kalah oleh warga asing. Kita harus belajar lebih banyak dari mereka, dan melampai mereka. Saya percaya suatu saat kita akan berubah, dan melampai mereka. Bukan hanya Tionghoa, namun negara eropa yang lebih maju juga akan kita lampai.

Rahasia Bisnis Pengusaha Tionghoa Selalu Suksess!!Jadi semua bisa jika kita berusaha. Jadi teruslah berusaha. Jika artikel ini menambah wawasan anda silahkan di share dan subscribe untuk mendapat update menarik lainnya.

No comments:

Post a Comment

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare ya.. Mohon berkomentar yang baik :)