Tuesday, November 1, 2016

Tips Agar Hp Andoid Tidak Lemot Saat Digunakan

Tips Agar Hp Android Lemot Saat Digunakan


Tips Agar Andoid Tidak Lemot Saat Digunakan
Tips Agar Andoid Tidak Lemot Saat Digunakan
Tips agar hp android tidak lemot saat digunakan. Perangkat android sekarang ini hampir tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari hari. Seperti smartphone yang berbasis operasi android yang makin menjamur bahkan smartphone dengan sistem android menurut beberapa survey menempatkan android peringkat teratas pada smartphone yang banyak digunakan di Indonesia. Keluaran keluaran terbaru selalu menghiasi media, web atau media cetak berbasis tekhnologi. Disini akan membahas Tips agar hp android tidak lemot saat digunakan.

Perangkat Android memiliki kecenderungan menjadi tua apalagi untuk smartphone yang jarang diupgrade. Penggunaan yang berkepanjangan semakin lama akan membuat performa android anda menurun. Dan membuat smartphone anda menjadi berat dan lemot.


Untuk mengatasi hal tersebut kita akan membahas tips agar smartphone tidak lemot atau lelet saat digunakan. Berikut tips yang bisa anda coba:


1. Hapus / nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan


Anda mungkin banyak mendownload aplikasi di smartphone anda. Hal ini akan membuat performa Smartphone anda menurun.  Memiliki banyak aplikasi tentunya tidak masalah jika ruang dan kapasitas memori anda besar, namun ini sangat  bermasalah jika anda hanya mempunyai ruang kapasitas yang kecil. 


Tidak cukup ruang kapasitas memori akan sangat berpengarus terhadap performa kecepatan smartphone anda. Memiliki banyak aplikasi akan sangat membebani smartphone anda, belum lagi banyak aplikasi yang berjalan dilatar dengan sendirinya. Untuk itu anda diharuskan untuk menonaktifkan aplikasi tersebut atau bahkan menghapus aplikasi tersebut dengan menguninstallnya jika anda ingin smartphone anda kembali menjadi cepat dan tidak lemot lagi.


2. Menghapus data cache


Cache dalam ilmu komputer didefinisikan sebagai komponen yang menyimpan data-data komputasi yang baru dijalankan atau duplikasi data lain yang berguna untuk menjalankan perintah di masa mendatang dengan lebih cepat. Namun kapasitasnya terbatas. Jika dilihat dari fungsinya, cache dimaksudkan untuk membantu mempercepat perangkat ketika menjalankan aplikasi yang sebelumnya sudah pernah dipergunakan. Dengan menyimpan beberapa data secara lokal, sistem ini dapat mengurangi waktu loading dan menghindari kebutuhan untuk mengambil bit yang sama dari Internet setiap kali Anda memasukkan situs web atau aplikasi.


Masalahnya adalah bahwa menyimpan data cache yang terlalu banyak dapat menjadi cukup berat pada penyimpanan internal smartphone Anda. Mencoba untuk membersihkan itu dari waktu ke waktu, atau Anda dapat mencari aplikasi pembersih cache pada Google Play Store.


3. Bersihkan penyimpanan perangkat internal Anda jika tidak diperlukan


Terlalu banyak penyimpanan data seperti musik, video dan file lain di memori internal dapat membuat android terasa berat dan lemot saat digunakan. Mengisi terlalu banyak penyimpanan internal Anda dapat mempengaruhi kinerja, jadi cobalah untuk menjaga memori telepon berkapasitas cukup untuk menjalankannya. Jika anda memang menggunakan semua data dan file tersebut maka simpan di memori eksternal bukan di memori telepon atau internal android.


4. Singkirkan widget yang tidak diperlukan!


Widget merupakan hal yang dapat menurunkan kecepatan ponsel anda. Terlalu banyak widget akan memperlambat kecepatan pada smartphone anda. Oleh karena itu singkirkanlah widget yang tidak diperlukan


5. Dump live wallpaper


Ini adalah fitur mengagumkan untuk mempercantik tampilan walpaper anda, menggunakan life walpaper tentunya sangat bagus untuk tampilan smartphone anda. Namun live walpaper buka pilihan yang tepat jika ponsel anda melambat, karena live walpaper sangat membebani kinerja smartphone anda.


6. Memperbarui perangkat lunak / Up to date

Pembaruan perangkat lunak sangat diperlukan agar smartphone anda tidak menua dan selalu update terbarunya. Memperbarui perangkat luna akan meningkatkan performa smartphone anda. Maka sangat disarankan agar smartphone anda selalu di update menjadi versi terbarunya.


Itulah tips agar hp android tidak lemot saat digunakan. Pergunakan lah dengan baik ponsel anda agar mendapat manfaat yang sebaik-baiknya.


Baca juga : Tips menghemat baterai tahan lama

No comments:

Post a Comment

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare ya.. Mohon berkomentar yang baik :)