Tuesday, November 1, 2016

Cara Menghilangkan Prasangka Buruk Terhadap Orang Lain

Cara menghilangkan prasangka buruk terhadap orang lain
Cara Menghilangkan Prasangka Buruk Terhadap Orang Lain

Cara menghilangkan prasangka buruk terhadap orang lain. Perasaan buruk tidaklah baik dalam suatu kehidupan. Prasangka buruk terhadap orang lain itu memang membahayakan. Banyak sekali efek negatif yang diakibatkan oleh prasangka buruk terhadap orang lain. Disini kira akan membahas tentang "Cara menghilangkan prasangka buruk terhadap orang lain."

Contoh efek negatif yang diakibatkan dari berprasangka buruk terhadap orang lain adalah sebagai berikut :

1. Bikin diri kita jadi sering dengki terhadap orang lain
2. Sering berkata kasar
3. Tidak tenang
4. Menimbulkan perkelahian
5. Dapat merusak kesehatan

Apakah Anda merasa begitu juga? Memang, nggak sedikit sebagian dari kita yang terjangkit pikiran negatif tersebut.

Maka dari itu, tidak bisa tidak, pikiran negatif seperti itu harus dihilangkan. Sebaliknya, kita harus senantiasa banyak menanam pikiran positif.

Bagaimanakah cara menghilangkan prasangka buruk tersebut? Ada banyak caranya, mari kita bahas.

1. Ingatlah kebaikannya dimasa lalu

Cobalah Anda ingat-ingat lagi kebaikannya di masa lalu, pasti Anda. Kalau misalnya Anda suka berpikiran negatif terhadap seseorang, hanya karena dia bicaranya agak keras, bukan berarti dia benci dengan Anda. Bisa jadi justru itu bukti pedulinya dengan Anda, makanya dia mengingatkan Anda bila Anda salah.

Ingatlah segala kebaikannya dimasa lalu, maka akan menghilangkan prasangka buruk kepada orang tersebut

2. Jangan cepat berprasangka buruk

Jika kamu mendengar sesuatu yang tidak mengenakan, kamu harus tahu dulu bagaimana sebenarnya faktanya. Kamu harus mencari tahu apa yang terjadi dan bagaimana faktanya.
Sebelum kamu tahu bagaimana faktanya, kamu janganlah berprasangka buruk kepada orang lain. Klarifikasikanlah dulu apa yang sebenarnya.

3. Kurangi bergaul dengan penggosip

Ini adalah faktor pengaruh dari orang lain. Mungkin sebetulnya awal mula anda berprasangka buruk terhadap seseorang adalah karena anda sering mendengan gosip yang buruk saja tentang dirinya. Anda hanya memikirkan keburukan orang tersebut, tanpa mengetahui kebaikannya.

Hindarilah orang orang yang suka membuat gosip keburukan orang lain, karena akan membuat anda berprasangka buruk juga terhadap orang tersebut.

4. Perbuatan dosa

Berprasangka buruk terhadap orang lain juga merupakan perbuatan dosa loh. Maka kurang kurangilah berpikiran negatif tentang seseorang.

5. Renungkan dulu, apa kepentingannya mikirin hal tersebut?

Sebelum anda mulai berpikiran buruk, piirlah dulu untuk apa kamu memikirkan hal tersebut. Apa ada gunanya? Apa kamu tidak terganggu akan hal tersebut?
Kalau memang hal itu tidak ada pentingnya dengan urusan kehidupan anda, maka lupakan saja. Karena akan sangat membuang waktu anda. Toh banyak kesibukan lain yang dapat kamu lakukan yang tentu lebih bermanfaat bagi kehidupan anda.

6. Bayangkanlah jika orang itu meninggal namun kamu telah berprasangka buruk padanya

Bayangkanlah kamu telah berprasangka buruk terhadap orang lain, dan ia telah meninggal. Namun setelah berlalu ternyata semua yang kamu pikirkan tentang keburukan orang tersebut ternyata salah. Kamu akan menyesal karena telah berprasangka buru terhadapnya.

Namun penyesalan tersebut sudah terlambat, karena orang tersebut sudah tiada.
Maka hindarilah sifat berprasangka buruk terhadap orang lain, karena akan menimbulkan banyak sekali efek negatif bagi kehidupan anda.


Itulah cara menghilangkan prasangka buruk terhadap orang lain. Jangalah berprasangka buruk kepada oranglain karena akan mengakibatkan efek negatif untuk diri anda sendiri.

Baca juga : Langkah jitu mencapai kekayaan dan kesuksesan.

No comments:

Post a Comment

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare ya.. Mohon berkomentar yang baik :)